2 Faktor Utama yang Mempengaruhi Harga Pasang Gigi Palsu Permanen

Jika mengalami hilang gigi, baik gigi yang tanggal akibat usia ataupun gigi yang dicabut karena berbagai sebab. Maka guna menggantinya bisa dilakukan dengan Gigi palsu, baik itu gigi palsu yang lepasan maupun gigi palsu permanen. Biayanya bervariasi. Biaya gigi palsu permanen biasanya lebih tinggi, namun bervariasi. Berikut antara lain beberapa faktor yang mempengaruhi harga pasang gigi palsu permanen.

Metode pasang gigi palsu permanen

Faktor pertama adalah metodenya. Jika akar gigi masih kuat dan sehat serta masih terdapat sebagian mahkota giginya yang masih kuat dan juga sehat maka bisa langsung pasang saja crown atau mahkota giginya. Namun dalam kasus akar gigi maupun mahkota sudah tidak ada dan sudah dicabut seluruhnya maka bisa ditempuh metode Bridge dental atau metode implan gigi. Metode yang termahal adalah metode implant gigi yang bisa mencapai hingga 25 juta Rupiah per gigi, lalu metode bridge dental, dan yang termurah ialah untuk pasang crown gigi saja tanpa akar gigi buatan ataupun penyangga dari gigi-gigi di sebelah-sebelah nya. Biaya minimal pasang gigi palsu permanen ialah mencapai 1,5 juta Rupiah per gigi.

Jika perlu maka dokter gigi juga bisa menyarankan untuk melakukan penebalan atau koreksi terhadap rahang gigi.

Jadi metodenya bisa berbeda-beda tergantung kasusnya

Bahan-bahan pasang gigi palsu permanen

Faktor kedua yang mempengaruhi harga tarif atau biaya pasang gigi palsu permanen adalah bahan-bahannya. Untuk crown atau mahkota gigi ada bahan resin, atau logam, atau porselen atau keramik, atau campuran porselen dan logam, atau stainless steel, atau PFM atau emas atau Zirconia. Semakin mahal bahannya maka akan turut semakin mahal pula biayanya. Sedangkan untuk bahan akar gigi palsunya bisa berupa bahan keramik atau logam Titanium. Juga bahan penyangga atau abutment, yakni penyambung antara akar gigi dengan crown atau mahkota giginya.

Itu adalah beberapa faktor penentu harga pasang gigi palsu permanen. Faktor utama penentu tarif harganya adalah pada metode pemasangan gigi palsu permanennya dan juga bahan-bahannya serta tenaga medisnya juga kalau di klinik yang mahal tentunya akan mahal juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *