Mengenal Besi Plat Bordes dan Kegunaannya

Besi plat bordes memang terdengar asing bagi beberapa orang, tetapi sering dijumpai di kendaraan atau beberapa tempat yang pernah dikunjungi. Plat bordes merupakan plat baja yang sering digunakan untuk komponen tangga maupun lantai yang berasal dari besi maupun baja. Plat bordes ini awalnya difungsikan untuk membentuk lantai kendaraan, akan tetapi seiring perkembangannya sering digunakan untuk tangga atau lantai.

Umumnya, besi plat bordes mempunyai ukuran 120 x 240 cm dengan ketebalan serta kontur yang bervariasi. Perlu diketahui pula, apabila plat bordes tidak sama dengan plat hitam, perbedaannya ada pada gelombang. DI mana plat bordes mempunyai kontur yang unik sekali dan plat ini sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh penggunaannya seperti pada kendaraan, yaitu sebagai alas mobil dan truck atau pick up, juga digunakan untuk tangga agar tidak mudah tergelincir. Nah, berikut kegunaan plat bordes ini lebih lengkapnya!

  • Besi plat bordes digunakan untuk kendaraan

Dalam kendaraan seperti bus, truk, atau kereta api, plat bordes sudah banyak digunakan karena permukaannya yang tidak rata. Bahkan, sebagai pengguna transportasi umum Anda sudah sering menjumpainya, hanya saja jarang ada yang memerhatikan hal tersebut. Umumnya, plat bordes digunakan sebagai lantai kendaraan umum. Dalam hal ini, Anda bisa melihat lantai bus yang permukaannya tidak licin dan tidak rata, di mana ada motif berbentuk jajar genjang yang disusun selang-seling. Selain bus, ada kendaraan pick up yang juga menggunakan plat tersebut untuk mengangkut barang.

Selaras dengan fungsinya sebagai pengangkut barang, pick up menggunakan besi ini agar benda yang di atasnya tidak tergelincir. Itulah alasan kendaraan-kendaraan ini menggunakan besi plat bordes untuk permukaannya, dengan begitu apa yang diangkutnya tidak jatuh atau tergelincir saat kendaraan melaju serta bergerak dengan cepat. Akan tetapi, plat ini merupakan tambahan yang digunakan sendiri oleh pemilik kendaraan. Tak lupa pula pada kereta api yang menggunakan plat bordes untuk pemisah gerbong.

  • Plat bordes dimanfaatkan pada bangunan

Dalam konstruksi bangunan seperti gedung, rumah, dan lainnya, plat bordes juga dimanfaatkan untuk pembuatan tangga. Lantaran permukaannya yang bermotif  sangat menguntungkan saat digunakan, di mana benda tidak akan mudah jatuh, begitu pula Anda saat menuruni maupun menaiki tangga. Terlebih tangga merupakan bagian yang paling rawan terjadi kecelakaan karena permukaannya yang licin, jadi saat menggunakan plat bordes yang permukaannya tidak rata tentu akan aman.

Selain itu, plat bordes yang tersusun dari besi baja membuat tangga maupun lantai tetap tahan lama serta awet. Untuk tingkat keausan pun plat bordes sangat rendah, jadi Anda bisa menghemat biaya perbaikan. Apalagi plat ini mendukung desain interior ruangan Anda. Kabar baiknya, plat bordes sudah banyak dijual di pasaran dalam bentuk eceran maupun partai besar.

Nah, itulah kegunaan besi plat bordes yang beragam dalam kehidupan sehari-hari, bahkan terus mengalami perkembangan seiring waktu. Seperti inovasi baru, yaitu plat bordes yang menyerupai cermin. Kini, pun Anda bisa membelinya dengan mudah di pasar yang dijual dalam bentuk eceran maupun partai besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *