Solid gold – Bursa saham AS turun tajam dengan Dow Jones Industrial Average menghentikan kemenangan beruntunnya sembilan hari, setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengisyaratkan bahwa Dewan Pemerintahan dapat siap untuk menerapkan langkah-langkah pelonggaran baru menyusul keputusan Kamis untuk mempertahankan suku bunga stabil.

Komentar Draghi menyeret saham di Wall Street sebelum tengah malam pada hari Kamis tadi, membantu mengakhiri kemenangan beruntun terpanjang di Dow dalam lebih dari tiga tahun. Sambil mengingatkan bahwa keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa telah menciptakan gejolak signifikan pada prospek ekonomi di kawasan euro, Draghi menekankan bahwa ECB bisa menggunakan semua perangkat yang ada di masa depan dalam jangka waktu dekat untuk meningkatkan perekonomian jika diperlukan. Akibatnya, investor di kawasan euro berangkat dari posisi beli di ekuitas AS, kembali ke saham berisiko di rumah masing-masing, di tengah sinyal yang luas bahwa ECB bisa menurunkan suku bunga dan memperluas cakupan program Pelonggaran Kuantitatif ketika bertemu lagi pada bulan September.

Dow kehilangan 77,80 atau 0,42% ke 18,517.23, sedangkan Indeks Komposit S&P 500 turun 7,85 atau 0,36% ke 2,165.17. Kedua indeks mundur dari wilayah rekor pada hari Kamis. Di S&P 500, delapan dari 10 sektor ditutup memerah. Saham Energi, Industri dan industri Teknologi melemah. Saham di sektor Utilitas dan Pelayanan Kesehatan memimpin, beringsut lebih tinggi pada sesi itu. Indeks Komposit NASDAQ, sementara itu, jatuh 16,03 atau 0,31% ke 5,073.90, setelah kerugian besar diderita Intel (NASDAQ:INTC) yang membebani saham semikonduktor.

Baik Dow dan S&P 500 mengalami penurunan terburuk satu-sesi dalam lebih dari dua minggu.

Top performer di Dow adalah McDonald Corporation (NYSE:MCD), yang bertambah 1,12 atau 0,89% ke 127,18. Sebelumnya, McDonalds mengumumkan rencana untuk memperluas promosi Garlic Fries di California. Saham McDonald (NYSE:MCD) juga pulih dari kerugian Rabu dipicu oleh penundaan rilis Nintendo Pokemon Go di Jepang. Raksasa makanan cepat saji ini menjadi perusahaan pertama pada hari Rabu yang mensponsori aplikasi populer dengan menunjuk 3.000 restoran secara nasional sebagai pusat Pokemon. Pemain terburuk adalah Intel, yang anjlok 1,42 atau 3,98% ke 34,27, setelah melaporkan pertumbuhan yang tenang di segmen pusat data utamanya. Ini menandai pertumbuhan yang jatuh pada kuartal kedua berturut-turut di bawah 10%.

Di Bursa Efek New York, masalah penurunan kalah maju dengan margin 1,719-1,254.

Sumber:investing.com

SOLID GOLD BERJANGKA