Emas naik pada hari Selasa, rebound dari level tiga setengah bulan terendah di sesi sebelumnya, namun tetap berada di jalur untuk penurunan terbesar bulanan sejak November menyusul melambungnya dolar AS dan tumbuhnya harapan untuk kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat .

Spot emas berada 0,5 persen lebih tinggi di level $ 1,210.86 per ounce pada pukul 09.42 pagi waktu GMT, setelah jatuh 1 persen pada hari Senin untuk berada di level $ 1,199.60. level itu merupakan level terendah sejak 17 Februari, tertekan oleh penguatan dalam dolar dan kenaikan harga pada saham global sehingga meningkatkan risk appetite investor dan meninggalkan emas yang sedang berada di jalur untuk penurunan 6,3 persen pada bulan Mei.

Spot perak bersiap untuk penurunan bulanan terbesar sejak September 2014, turun hampir 10 persen dan menyentuh level terendah dalam tujuh minggu pada sesi sebelumnya sebelum pulih ke level $ 16,06 pada hari Selasa.

Data AS pada hari Jumat menunjukkan bahwa hedge fund dan money manager memotong bullish bets mereka mereka di emas berjangka AS dan optionsto untuk yang terendah dalam hampir dua bulan.

Emas, yang sudah naik 16 persen pada kuartal pertama, berada di bawah tekanan sejak rilis laporan pertemuan dari pertemuan April Federal Reserve mendorong ekspektasi kenaikan segera suku bunga AS. Komentar selanjutnya dari pejabat bank sentral utama, termasuk Ketua Fed Janet Yellen, mengindikasikan peningkatan akan terjadi pada bulan Juni atau Juli.

Dolar melayang di dekat level tertinggi dalam dua bulan terhadap sekeranjang mata uang pada hari Selasa. Investor akan memantau data sektor manufaktur swasta ISM AS, yang dirilis pada hari Rabu, dan data non-farm payrolls pada hari Jumat. Pembacaan yang solid bisa meningkatkan harapan untuk kenaikan suku bunga secepatnya pada pertemuan kebijakan Fed 14-15 Juni nanti.

Kenaikan suku bunga akan meningkatkan biaya kesempatan dari kepemilikan emas, yang tidak menghasilkan bunga. Hal ini juga akan menguatkan dolar sehingga membuat emas menjadi lebih mahal bagi pembeli dalam mata uang lainnya. (sdm)

Sumber: reuters