Solid gold – Emas terangkat sedikit di sesi perdagangan Asia, Selasa (30/8) dengan investor menunggu angka upah pekerjaan non-pertanian AS pada akhir minggu ini untuk melihat lebih jelas kemungkinan kenaikan suku bunga Fed di tahun ini.

Emas untuk pengiriman Desember di divisi Comex Bursa Perdagangan New York naik tipis 0,07% menjadi $1,328.05 per troy ounce. Perak di Comex menguat 0,49% menjadi $18,860 per troy ounce, sementara tembaga berjangka naik 0,05% ke $2,085 per pon.

Semalam, harga emas derita kerugian semalam di sesi perdagangan Amerika pada hari Senin, diperdagangkan pada posisi terendah lima minggu setelah pejabat senior Federal Reserve mengindikasikan kenaikan suku bunga AS berada dalam waktu dekat.

Peluang kenaikan suku bunga Federal Reserve dalam beberapa bulan mendatang melonjak setelah Ketua Fed Janet Yellen mengatakan Jumat bahwa kasus kenaikan tersebut telah menguat, sementara itu Wakil Ketua Fed Stanley Fischer mengindikasikan pengetatan mungkin terjadi dalam ulasan berikutnya di bulan September.

Menurut Perangkat Monitor Suku Bunga Fed Investing.com, investor saat ini menghargai kesempatan 24% dari kenaikan suku bunga pada bulan September, naik dari 21% sebelum pidato Yellen dan Fischer

Logam mulia sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, yang mengangkat biaya kesempatan memegang aset non-unggulan seperti emas batangan, sementara meningkatkan harga dolar dalam nilainya.

Penguatan dolar AS biasanya memberatkan emas, karena mengurangi daya tarik logam kuning sebagai aset alternatif dan membuat komoditi yang dihargakan dalam dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Investor akan mengawasi data AS yang akan datang untuk mengukur apakah ekonomi terbesar di dunia itu cukup kuat untuk menahan kenaikan biaya pinjaman dalam beberapa minggu ke depan. Departemen Perdagangan AS mengatakan dalam sebuah laporan hari Senin bahwa indeks harga PCE inti naik tipis 0,1% bulan lalu, sesuai harapan. Pada basis tahunan, harga PCE inti naik 1,6%, sejalan luas dengan perkiraan.

Federal Reserve menggunakan inti PCE sebagai alat untuk membantu menentukan apakah akan menaikkan suku bunga atau lebih rendah, dengan tujuan menjaga inflasi pada tingkat 2% atau di bawah.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa pengeluaran pribadi meningkat 0,3% bulan lalu, sementara pendapatan pribadi naik 0,4%.

Sumber: investing.com

SOLID GOLD BERJANGKA