4 Sebab HP Cepat Panas dan 6 Cara Mengatasinya | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka Semarang | Kenapa HP cepat panas? Ada beragam faktor yang mungkin menyebabkannya. Menurut gadget enthusiast Lucky Sebastian, beberapa faktornya antara lain. Pertama, SoC atau prosesor yang digunakan. Kebanyakan prosesor kelas atas dan berkinerja tinggi akan lebih panas dibandingkan prosesor mid-end yang hemat daya.

Kedua, aplikasi yang jalan di belakang (background). Semakin banyak aplikasi yang jalan di belakang sesuai izinnya, smartphone akan tetap banyak bekerja walau sedang standby. Kecuali manajemen OS-nya ketat, kondisi ini otomatis akan menutup banyak aplikasi di belakang.

Ketiga, sinyal atau operator smartphone. Semakin jauh BTS yang dijangkau, ponsel akan semakin panas. Pasalnya, energi yang dikeluarkan smartphone lebih besar sementara suhu udara sekitar sering diabaikan.

Keempat, charger dan kabel juga berpengaruh. Seringkali pengguna tidak rela beli kabel atau charger original karena cenderung lebih mahal dibandingkan charger dan kabel yang banyak dijual toko-toko aksesoris.

Terlalu banyak main game atau mengakses YouTube misalnya, juga dapat berkontribusi kenapa HP cepat panas. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Pertolongan pertama ketika ponsel terasa panas adalah dengan menanggalkan sarung atau case yang mungkin bisa memerangkap panas.

Selanjutnya yang kedua, bisa ditempuh cara mengaktifkan mode pesawat untuk segera menonaktifkan fitur yang bikin boros daya seperti wireless radio, Bluetooth, WiFi, atau pencarian sinyal selular. Setelahnya, non aktifkan lagi mode pesawat agar ponsel bisa digunakan.

Kemudian yang ketiga tutup aplikasi, terutama aplikasi berat semacam game. Jika digunakan terus menerus, semakin mudah smartphone mengalami overheat. Pernah dengar komputer berbunyi berisik? Itu adalah bunyi kipas angin internal untuk mendinginkan suhu komputer. Nah, ponsel pun kira-kira tak jauh beda.

Keempat, kenapa HP cepat panas juga karena casing ponsel terkadang menahan suhu panas. Jadi ketika ponsel mulai terasa panas, lepaskan dulu casing tambahannya sampai suhunya normal. Atau, beli casing yang dirancang untuk mengurangi panas, bukan yang sangat tebal misalnya.

Kelima, sama seperti membuka aplikasi yang berat seperti game, tingkat kecerahan layar juga bisa mempengaruhi suhu ponsel. Semakin terang layar ponsel, maka akan semakin menguras baterai. Jadi, coba turunkan tingkat kecerahan layar.

Terakhir yang keenam, simpanlah ponsel di tempat-tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik atau berada di suhu ruangan ber-AC. Hal tersebut cukup berpengaruh terhadap kualitas ponsel itu sendiri.

Usahakan juga jangan menyimpan ponsel di bawah bantal karena ini juga akan berpengaruh meningkatkan panas, bahkan terkena resiko rusak karena tertindih badan saat tidur. Begitulah semoga bisa menjadi solusi kenapa HP cepat panas.

sumber: Detik.com – PT Solid Gold Berjangka