Pt Solid Gold Berjangka ~ Draghi: Untuk Membalikkan  Penurunan pada Suku Bunga, Dibutuhkan Tindakan 30 Tahun

Pt Solid Gold Berjangka ~ Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan bahwa kawasan euro membutuhkan fokus yang lebih besar pada kebijakan fiscal dan structural yang bisa membalikan penurunan jangka panjang dalam tingkat alamiah suku bunga, dan menyangkal klaim bahwa ketimpangan pada kebijakan moneter memburuk.

“Suku bunga jangka panjang telah berada dalam tren menurun di ekonomi global dalam 30 puluh tahun terakhir”, Draghi mengatakan dalam sebuah acara di Berlin hari Selasa. “Semacam tindakan dibutuhkan, apabila kita ingin suku bunga berada di level yang lebih tinggi, yang mana hal itu bisa meningkatkan tingkat alamiah suku bunga. Dan dibutuhkan fokus pada kebijakan-kebijakan yang mampu mengungkapkan akar permasalahan dari lebih besarnya penghematan daripada investasi- dengan kata lain, kebijakan fiskal dan structural”.

Menunjuk pada fakta bahwa Jerman, Perancis dan Jepang, mewakili 14 dari outuput dunia, saat ini mempunya yield dalam utang 5-yahun pemerintah di,bawah nol, Draghi mengatakan melambatnya produktivitas pertumbuhan, semakin tuanya perhimpunan, dan kelebihan pada penghematan semuanya berkontribusi dalam membuat suku bunga berada dalam posisi yang lebih rendah dalam jangka panjang. Meskipun ECB akan mempertahankan akomodasi moneter untuk membantu perekonomian menghapus kapasitas cadangan dan mendorong inflasi ke tingkat yang lebih tinggi, tindakan lain juga diperlukan, katanya.

Hal ini “jelas bahwa semakin bekerjanya stabilisasi kebijakan makroekonomi lebih lainnya bersama dengan kebijakan moneter, maka akan semakin cepat terhentinya kesenjangan output yang ada,” kata Draghi. Pemerintah di 19-negara dalam kawasan euro perlu memberlakukan “reformasi struktural untuk membalikkan kecenderungan penurunan produktivitas,” menerapkan “pajak dan peraturan kebijakan yang ramah investasi” dan melawan “stagnasi dalam modal saham publik yang telah kita lihat sejak krisis terdahulu dengan investasi tertuju pada peningkatan produktivitas. ”

Presiden ECB mengatakan debat publik yang terus-menerus, terutama di Jerman, ditambah suku bunga yang rendah dan kebijakan pembelian aset bank sentral menyebabkan memburuknya ketimpangan. Dia mengatakan bahwa semua sektor masyarakat di seluruh spektrum kekayaan menjadi lebih makmur sejak tahun 2014, seiring meningkatnya harga rumah, sementara harga obligasi naik secara moderat dan harga saham jatuh.

“Saya merasa sulit untuk mencapai kesimpulan bahwa, selama jangka waktu yang lebih lama, hasil dari kebijakan kami telah – atau akan – mendistribusikan kekayaan dan pendapatan dengan cara yang tidak adil atau tidak sama,” kata Draghi. “Kami memiliki setiap alasan untuk percaya bahwa, dengan dorongan yang ditimbulkan langkah-langkah kami baru-baru ini, kebijakan moneter akan bekerja seperti yang diharapkan: dengan meningkatkan konsumsi dan investasi dan penciptaan lapangan kerja. (Pt Solid Gold Berjangka)

Source: Bloomberg

 

Baca Juga

CPI Meningkat 1.3% Dalam Setahun Sampai Kuartal September: ABS