PT Solid Gold Berjangka | Harga Emas Terkini: Naik Sih, Tapi Nanti Turun Lagi Kok…

Harga Emas Terkini: Naik Sih, Tapi Nanti Turun Lagi Kok… | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka Semarang | Harga emas dunia bergerak naik pada perdagangan pagi ini. Ke depan, bagaimana prospek harga sang logam mulia?

Pada Kamis (21/10/2021) pukul 06:26 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 1.782,65/troy ons. Naik 0,78% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Kenaikan harga emas ditopang oleh pelemahan nilai tukar mata uang dolar Amerika Serikat (AS). Pada pukul 06:32 WIB, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) melemah 0,14%.

Harga emas dan kurs dolar AS memiliki hubungan yang berbanding terbalik. Saat kurs dolar AS melemah, harga emas justru naik.

Ini karena emas adalah aset yang dibanderol dalam dolar AS. Ketika dolar AS terdepresiasi, emas jadi lebih murah buat investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas naik, harga pun terungkit.

Namun jangan senang dulu. Sebab, risiko penurunan harga emas masih sangat tinggi.

Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan harga emas akan menguji titik support US$ 1.764/troy ons. Penembusan titik ini akan membuat harga turun lebih dalam ke US$ 1.745-1.757/troy ons.

“Sekeras apapun mencoba, harga emas gagal menembus titik resistance US$ 1.796/troy ons. Harga emas lebih condong turun ke US$ 1.739/troy ons ketimbang naik menuju US$ 1.800/troy ons,” sebut Wang dalam risetnya.

sumber: cnbcindonesia.com – PT Solid Gold Berjangka