Pt Solid Gold Berjangka ~Ide khilafah dan Pembubaran dari pemerintah

index

Pt Solid Gold Berjangka ~ Pemerintah mengusulkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dibubarkan. Usulan tersebut muncul setelah kegiatan HTI menjadi sorotan karena ingin menegakkan khilafah di Indonesia. HTI dinilai pemerintah bertentangan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. HTI enggan disebut ingin mendirikan negara khilafah sebagaimana tudingan pemerintah.

Menurut Ketua DPP Hizbut Tahrir Indonesia, Rokhmat S Labib, khilafah merupakan pemahaman ajaran Islam dan wajib diperjuangkan oleh muslim. Akan tetapi untuk di Indonesia, khilafah itu sekedar ide yang mesti dirumuskan lewat diskusi dengan pemerintah.

“Lah kalau sudah dibilang sebelumnya ini bahaya ini ancaman ya tidak ada diskusi kalau seperti itu dan kalau begitu itu tidak akan pernah mendapatkan kebaikan,” kata Rokhmat kepada merdeka.com, Kamis (11/5).

Dia mengatakan, ide khilafah sama halnya dalam perumusan Undang-undang di Indonesia yang beberapa kali mengalami perubahan hingga menjadi amandemen. Menurutnya, semua itu berawal dari usulan hingga sepakati oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah lalu disahkan.

“Memerintahkan wacana melakukan gagasan yang mambangun. Ya enggak mau kami tidak memaksa. Masa kaya gitu salah,” ujar Rokhmat.

Pemerintah sendiri menolak tegas wacana tersebut. Alasannya menegakkan khilafah di Indonesia melanggar bertentangan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Sudah jelas bahwa ideologi Indonesia itu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, meskipun kita berbeda kita tetap satu, Indonesia,” kata Kepala Biro Hukum Kemendagri, Sigit Pudjianto saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (9/5).

Sigit menegaskan, secara administratif HTI terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) dan sudah jelas diatur dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. Menurut Sigit, wacana pembubaran HTI berdasarkan laporan masyarakat. Setelah diselidiki kegiatan HTI meresahkan dan diusulkan dibubarkan.

“Kegiatan persuasif tentu pernah kita lakukan, baik-baik kita panggil pengurus HTI dan memberitahu bahwa tindakannya menyimpang dan tidak sesuai dengan peraturan organisasi masyarakat yang ada di Kemendagri. Kita ajak duduk bareng, berdiskusi agar tidak membuat hal serupa, namun apa daya laporan masuk lagi ke kami dan kita amati bahwa ini sudah sangat menyimpang. Dengan tegas kami memilih keputusan ini, yaitu ingin membubarkannya,” pungkasnya. [gil]

 

 

PT SOLID GOLD BERJANGKA