PT Solid Gold Berjangka

‘Rajin Bersihkan Layar Ponsel, Kalau Gak Mau Tertular COVID-19’ | PT Solid Gold Berjangka

PT Solid Gold Berjangka Semarang | Pandemi COVID-19 belum benar-benar hilang. Menjaga kesehatan tetap diprioritaskan, termasuk rutin membersihkan layar smartphone kalian, sebab bisa saja ada virus yang menempel di sana.

Membersihkan layar ponsel pintar, mungkin terlihat sederhana. Namun acapkali hal itu dilupakan oleh pengguna, terutama di tengah merebaknya virus Corona.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa pengguna smartphone harus melakukan upaya terpadu, yakni secara rutin membersihkan layar ponsel mereka untuk melindungi dari COVID-19.

Ilmuwan menyebutkan layar ponsel berisiko tinggi tersimpannya droplet dari virus yang menular, salah satunya virus Corona. Layar ponsel yang dilapisi hidrofobik untuk mengusir air mendorong terbentuknya droplet, sehingga mengurangi tingkat penguapan. Dengan kata lain, keharusan untuk membersihkan layar smartphone adalah keniscayaan.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, Kamis (11/6/2020) studi yang dipimpin oleh Profesor Rajneesh Bhardwaj dari Institut Teknologi India di Mumbai, India, menemukan penguapan droplet dipengaruhi oleh suhu, permukaan, dan kelembaban.

Suhu tinggi membantu menguapkan tetesan dan menghilangkan virus dengan cepat. Akan tetapi, kelembaban karena penguapan yang lambat, droplet itu bisa bertahan lama, sehingga memungkinkan memperpanjang hidupnya virus.

Sebelumnya, ilmuwan lainnya, Profesor William Keevil dari University of Southampton mengatakan, perangkat seperti ponsel bisa jadi cawan untuk tempat tinggal mikroba pembunuh.

“Anda bisa mencuci tangan, tetapi jika Anda mulai menyentuh layar ponsel cerdas dan kemudian menyentuh wajah Anda yang merupakan potensial terinfeksi,” ungkapnya.

Profesor Peter Hall dari University of Waterloo sepakat bahwasanya smartphone harus rutin dibersihkan, paling tidak dua kali dalam sehari, agar menghentikan transmisi penyebaran virus.

Beberapa waktu lalu, pengamat gadget Lucky Sebastian memberikan tips ampuh dalam membersihkan layar ponsel kalian dengan aman. Ada baiknya kalian tidak menggunakan alkohol, sabun, cuka, tisu kering, hingga tisu basah bila ingin membersihkan layar smartphone.

“Tisu kering kasar permukaannya dan susah bersih, tisu basah kalau ada alkohol merusak oleophobic,” kata Lucky.

Begitu juga kain, baik itu dari baju maupun kain lainnya karena bisa berdampak buruk kepada ponsel kalian.

“Permukaan kain kasar biasanya dan tidak bersih dalam sekali usap,” ungkap pria berkacamata ini.

Lucky menyebutkan cara yang tepat membersihkan layar ponsel itu dengan menggunakan UV light dan microfiber yang menurutnya jadi langkah yang paling baik.

“UV light juga ada macam-macam sih, semakin sedikit lampunya harus semakin lama,” pungkasnya.

sumber:detik.com – PT Solid Gold Berjangka