Solid Berjangka

Bill Gates Sudah Meramalkan Ancaman Virus Corona? – Solid Berjangka

Solid Berjangka Semarang | Dunia saat ini sedang digemparkan dengan wabah Virus Corona baru yang bermula di Wuhan, China. Sejauh ini, virus tersebut telah menyebabkan 17 kematian di China dan telah menyebar ke berbagai negara termasuk Amerika Serikat.

Keberadaan virus corona yang dinamakan 2019-nCoV ini mengkhawatirkan karena merupakan jenis virus corona baru yang belum pernah teridentifikasi pada manusia. Rupanya, Bill Gates dulu pernah memperingatkan bahwa wabah virus mematikan merupakan satu dari tiga ancaman terbesar untuk kemanusiaan.

Peringatan ini disampaikan Gates dalam diskusi tentang epidemi yang diselenggarakan oleh Massachusetts Medical Society dan New England Journal of Medicine pada April 2018 lalu.

Dilansir detikINET dari Business Insider, Kamis (23/1/2020) Gates memperingatkan dampak yang akan terjadi jika wabah virus seperti flu Spanyol kembali terjadi di era modern. Flu Spanyol sendiri terjadi pada tahun 1918 dan membunuh lebih dari 50 juta orang.

Pendiri Microsoft ini mengatakan jika skenario yang sama terjadi saat ini, wabah virus tersebut bisa membunuh lebih dari 30 juta orang dalam waktu enam bulan.

Statistik tersebut datang dari Institute for Disease Modeling yang memprediksikan bagaimana dunia menghadapi wabah virus dalam 10-15 tahun ke depan. Virus yang mengancam ini disebut kemungkinan besar berasal dari binatang seperti burung, ayam atau babi.

Walau berasal dari binatang, virus ini bisa bermutasi dan menyerang manusia. Penularan yang awalnya hanya binatang ke manusia juga bisa berkembang menjadi manusia ke manusia.

Gates pun mengatakan pemerintah tiap negara harus bisa bersiap menghadapi ancaman wabah seperti ini. Menurut suami Melinda Gates ini, pemerintah merasa tidak memiliki rasa urgensi dalam menghadapi isu tersebut.

“Jika kalian memberitahu pemerintah dunia bahwa ada senjata yang bisa menewaskan 30 juta orang sedang dibangun saat ini, akan ada rasa urgensi tentang persiapan menghadapi ancaman,” kata Gates.

“Dalam kasus ancaman biologis, rasa urgensi itu kurang. Dunia perlu bersiap menghadapi pandemi sama seriusnya seperti cara menghadapi perang,” sambungnya.

Ada satu hal yang menurut Gates bisa membantu kita bersiap menghadapi wabah virus yaitu vaksin. Menurutnya vaksin baru bisa mencegah epidemi di masa depan, terutama untuk menghadapi virus yang terus bermutasi.

Tapi Gates mengatakan proses pembuatan vaksin memakan waktu terlalu lama, sekitar 10 tahun untuk pengembangan dan lisensi. Ia memperkirakan proses ini harus bisa dikurangi menjadi kurang dari 90 hari untuk mencegah kematian dari virus yang menyebar lewat udara.

sumber:detik.com –  Solid Berjangka