Pt. Solid Gold Berjangka ~  ya emang artikel semacam ini udah pernah ada. Tapi kota di Indonesia itu ada banyak banget, jadi ini jilid keduanya!  intronya diulang aja ya! 

Kota-kota di Indonesia punya sejarah panjang yang unik. Beberapa diantaranya menghasilkan nama kota yang kita kenal sampai saat ini, ayok lah kita bahas lagi beberapa nama kota yang paling unik dan punya sejarah yang menarik!

Balikpapan

{source name="Balikpapan" url="http://kotabalikpapan.wordpress.com"}

Sebuah kota yang sangat berkembang dan menjadi rival sekaligus sahabat dengan kota Samarinda. Sekilas nama Balikpapan membuat kita membayangkan orang yang bersembunyi di balik sebuah papan. Ternyata asal-usul namanya lebih seru dari itu. Sebenernya ada beberapa versi, tapi kita ambil aja yang paling epik: Insiden kapal terbalik. Jadi Putri Aji Tatin sang penguasa teluk memerintahkan anak buahnya membawa upeti rakyat yang berupa papan kayu via jalur laut. Sejumlah orang kepercayaannya melaksanakan misi tersebut. Sayangnya begitu sudah mau sampai ombak yang sangat besar menerjang kapal tersebut hinggga terbalik dan menghabisi semua nyawa yang ada disitu. Yang tersisa hanyalah beberapa papan hasil upeti yang terdampar di ujung teluk. Dari balik papan-papan tersebut ada beberapa mayat para anak buah kapal. Dengan sedih hati Putri Aji Tatin lalu menamai daerah tersebut dengan nama Balikpapan agar peristiwa tersebut terus dikenang. Epik kan?

Malang

{source name="Malang" url="http://kehendakbaru.wordpress.com"}

Mendengar nama kota ini  sontak langsung berpikir pada kesialan atau nasib malang. Padahal Malang merupakan sebuah kota sejuk yang dicintai banyak orang terutama karena di kota tersebut banyak cewek-cewek ayu. Ternyata asal-usul nama kota malang tidaklah sejernih penampakan cewek-cewek cantik di sana. Masih belum ada sumber yang benar-benar diyakini sebagai asal nama kota Malang, tapi ada hipotesa yang menarik yang menyebutkan bahwa nama ‘Malang’ berasal dari bangunan suci ‘Malangkucecwara’ yang menariknya lagi, tidak terdapat di kota Malang. Pada akhirnya, intinya, kalau kamu berhasil ngedapetin cewek Malang yang cute abis, itu artinya kamu beruntung sob, dan sama sekali gak bernasib Malang

Meulaboh

{source name="Meulaboh" url="http://wacana.siap.web.id"}

Yang terlintas di kepala kalau mendengar nama kota yang berada di bagian barat Aceh ini adalah kata berlabuh. Seperti sering dipakai dalam kalimat gombal “Izinkan aku berlabuh dihatimu, sayang…” dan ternyata memang benar. Menurut H. M Zaninuddin dalam buku Tarich Atjeh, Meulaboh awalnya dikenal sebagai Negeri Pasir Karam, namun perlahan berubah menjadi Meulaboh setelah banyaknya para pedagang asal Minang yang berlabuh di kota itu, dan menjadikan kota itu sebagai daerah perdagangan yang makmur. Kota yang sempat rusak parah terkena dampak Tsunami 2004 kini perlahan sudah bangkit kembali. Yuk berlabuh!

Makale

{source name="Makale" url="http://tykasagita49.blogspot.com"}

Buat yang suka bola pasti ingat dengan eks pemain Chelsea dan Real Madrid di medio 2000-an. Bernama Claude Makalele. Pemain yang tangguh dan pantang menyerah. Ternyata kota Makale di Tana Toraja, Sulawesi Selatan juga punya karakteristik yang sama dengan Makalele karena Makale artinya ‘Kekar’ sebuah nama yang diberikan langsung oleh kepala distrik pertama. Tana Toraja sendiri adalah tempat yang sangat menarik dengan berbagai ritual kebudayaan yang gak ada duanya di dunia. Seperti Ma’nene atau tradisi mayat berjalan yang mana merupakan versi sebenar dan non fiksi dari The Walking Dead. Seru ya?

Manokwari

{source name="Manokwari" url="http://ideaonline.co.id"}

Manokwari merupakan ibu kota Provinsi Papua Barat. Dan seperti juga banyak nama kota lain di daerah timur Indonesia, Manokwari juga berasal dari Bahasa adat yang artinya “Kampung Tua”. Manokwari dikenal juga sebagai kota injil karena disinilah pertama kalinya kitab injil masuk di daerah papua. Seperti juga daerah lain di Papua Barat, Manokwari juga terlihat indah dengan wisata alamnya yang luar biasa. Asik pastinya eksplor daerah timur Indonesia yang masih gak mainstream sebagai tempat tujuan wisata. Kalau punya duit lebih main-main deh kesini.
Gimana? Makin Pinter kan abis tau asal-usul nama-nama kota tadi? Lebih pinter lagi kalau kamu share asal-usul nama kota tempat kamu tinggal sekarang! Share ya!
(solid gold)