bakso-kepala-bandung Astagfirullah, Bakso Di Bandung…

Solid Gold- Bila Anda mendatangi kedai bakso yang satu ini dipastikan bakal terkaget-kaget. Betapa tidak, ukuran makanan berbentuk bulat ini di luar kewajaran.

Kedai Laman yang berada di Jalan Sukawarna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat ini menjual bakso berukuran sebesar kepala orang dewasa. Beratnya bahkan mencapai lebih dari dua kilogram.

Jangan sok jago dengan berniat menghabiskan bakso ini seorang diri. Sebab, sejak peluncuran pada 14 bulan lalu, belum ada seorang pun yang mampu menghabiskan bakso ini seorang diri.

Pemilik Kedai Bakso Laman atau Bakso Astagfirullah, Sumarmi (72) mengatakan, ia bersama sang suami Laman (61) berupaya menciptakan suatu kuliner yang berbeda dibandingkan tempat sejenis.

terkenal dengan bakso ukuran besar sebesar kepalan tangan orang dewasa, tapi banyak yang minta lebih besar jadi kita buat yang besar banget beratnya lebih dari dua kilogram, baru 14 bulan ini,” ucap dia saat ditemui Liputan6.com di kedainya, Bandung, Selasa 2 Agustus 2016.(SOLID GOLD)

Ternyata, inovasi yang dilakukannya beserta sang suami mendapat perhatian lebih dari pelanggannya. Awalnya, Sumarni mengaku hanya mampu menjual bakso seharga Rp 150 ribu ini pada kisaran lima hingga 10 buah setiap harinya.

“Kalau sekarang hari-hari biasa bisa sampai 20 bakso. Kalau Jumat, Sabtu, Minggu bisa sampai 50 bakso setiap hari,” tutur dia.

Ia pun menjamin jika bakso miliknya berbeda dibandingkan bakso sejenis yang ada di pasaran. Sebab, waktu yang diperlukan untuk membuat bakso jumbo ini cukup menyita waktu.

“Semua dibuat menggunakan tangan dan bahannya terpilih tanpa bahan pengawet. Pada awalnya susah buatnya dan lama sekarang bisa agak cepat karena sudah terbiasa,” tutur dia.

Bagi Anda yang tidak sanggup dan ngeri menghabiskan bakso ini bisa mencoba alternatif lain, yaitu bakso seukuran kepalan orang dewasa seharga Rp 25 ribu semangkuk. Tertarik?

Selain pecinta bakso asal Kota Kembang, beberapa pelancong lokal hingga warga negara asing sengaja datang untuk menghilangkan rasa penasaran menyantap bakso seberat dua kilogram itu.

Namun, para pelancong yang penasaran itu harus menyerah karena Bakso Astagfirullah itu tidak habis dimakan seorang diri, bahkan hingga empat orang.

“Ada yang beli dari Serang, Banten, Bogor, Jakarta, Surabaya, Cirebon, Palembang bahkan Lombok pernah datang ke sini. Jumat atau Sabtu lalu ada yang datang dari Timur Leste ke sini katanya penasaran pengen makan Bakso Astagfirullah dan terkaget-kaget,” kata pemilik kedai Bakso Laman, Sumarmi (72), Rabu (3/8/2016).

“Ada beberapa yang sengaja ingin nyoba makan bakso ini sendiri biasanya dari luar kota tapi nggak ada yang berhasil, menyerah di tengah-tengah,” sambung dia.

Sumarmi enggan berbicara pendapatan yang diraih setelah adanya Bakso Astagfirullah ini, tapi kini kedai bakso miliknya mampu menjual hingga ratusan mangkok setiap harinya.

“Yang besar saja bisa sampai 50 bakso kalau Sabtu-Minggu. Kalau yang ukuran kecil (sebesar kepalan tangan) sehari antara 200 sampai 300 mangkok,” jelas dia.

Bakso Astagfirullah dibanderol Sumarmi dengan harga Rp 150 ribu per porsinya, sedangkan bakso seukuran kepalan tangan dibanderol hanya Rp 25 ribu. (SOLID GOLD)

Sumber Liputan6.com

SOLID GOLD