solid gold ~ Bayinya Saat sedang Sakit, Bolehkah Ibu Menyusui ?

solid gold ~ JAKARTA – ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Banyak manfaat yang didapatkan dengan memberikan ASI. Salah satunya baik untuk kesehatan, tumbuh kembang anak hingga meningkatkan kecerdasan. Namun, bagaimana jika ibu menyusui sakit? Bolehkan memberikan ASI?

Sebagian ibu menyusui percaya, bahwa saat sakit tidak diperbolehkan memberikan ASI. Hal ini dikhawatirkan bisa menularkan penyakit yang diderita kepada sang anak. Namun, hal tersebut tidaklah tepat.

Dokter anak dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dr. Paulus Linardi, SpA menjelaskan, bahwa hal tersebut hanyalah mitos. Menurut dr. Paulus, ibu menyusui tetap bisa memberikan ASI kepada anak meski tengah sakit.

“Banyak yang percaya, kalau sakit nggak boleh menyusui. Mereka khawatir, anak juga akan sakit. Tapi sebenarnya nggak apa-apa kasih ASI aja. Ini tidak akan memberikan pengaruh pada si bayi. Bahkan, ibu yang minum obat tetap di izinkan memberikan ASI,” papar dr. Paulus saat jumpa pers di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Kamis (8/9/2016).

ASI mengandung zat daya tahan tubuh yang sangat banyak dan dibutuhkan bayi untuk membentuk daya tahan tubuh. Oleh karena itu, dr. Paulus pun menyarankan ibu yang sedang sakit tetap menyusui.

“Kalau ibu terinfeksi, batuk atau flu, leukosit ibu akan membuat antibodi. Antibodi ini akan diberikan kepada anak. Jadi anak akan mendapatkan antibodi dari ibu. Kesimpulannya, nggak apa-apa memberikan ASI saat sakit. Bahkan harus terus menyusui,” ujar dia.(solid gold)

solid gold