solid gold berjangka ~ Ekonomi memburuk, Rusia mulai kehabisan

uang tunai

solid gold berjangka ~Bertahan rendahnya harga minyak dunia membuat ekonomi Rusia memburuk. Setelah mengalami resesi hampir dua tahun, uang tunai simpanan Rusia kini merosot menjadi hanya USD 32,2 miliar. Menurut data Kementerian Keuangan Rusia, angka ini menurun drastis dibanding September 2014 lalu yang tercatat USD 91,7 miliar.

Analis memperkirakan, dana yang disimpan Rusia akan terus menyusut menjadi hanya USD 15 miliar pada akhir tahun ini. Lebih parahnya lagi, Rusia diperkirakan akan segera kehabisan uang tunai dalam waktu dekat.

“Pada tingkat ini, dana cadangan Rusia akan habis pada pertengahan 2017 atau mungkin bisa dalam beberapa bulan ke depan,” ucap Kepala Ekonom Institute of International Finance, Ondrej Schneider seperti ditulis CNN, Senin (19/9).

Dana cadangan pemerintah tersebut telah digunakan untuk menutupi kekurangan atau defisit anggara. Rusia mulai kesulitan karena pendapatan terus anjlok disebabkan rendahnya harga minyak dunia.

Anggaran Rusia pada 2016 mengasumsikan harga minyak dunia berada di USD 50 per barel. Kenyataannya, rata-rata harga minyak delapan bulan pertama tahun ini kurang dari USD 43 per barel.

Pendapatan dari penjualan minyak kini hanya menyumbang 37 persen dari pendapatan Rusia. Padahal, dua tahun lalu sektor migas ini bisa menyumbang hingga 50 persen dari total pendapatan.

Bank sentral Rusia telah memangkas suku bunga pada akhir pekan lalu menjadi 10 persen dari sebelumnya 10,50 persen. Hal ini dilakukan untuk mendorong perekonomian dalam negeri terus bergerak.

Bank sentral Rusia memiliki USD 395 miliar sebagai cadangan internasional. Angka ini juga turun dibanding Oktober 2013 yang tercatat mencapai USD 524 miliar. Bank sentral menghabiskan lebih dari USD 140 miliar cadangan mata uang asing pada 2014 dan 2015 untuk mempertahankan nilai tukar Rubel Rusia.

Namun, intervensi yang dilakukan bank sentral Rusia tidak berhasil. Nilai tukar Rubel jatuh ke titik terendah pada Januari lalu.

 

solid gold berjangka