Solid Gold Berjangka ~ Emas dan Minyak beriringan menguat

 

emas 6Solid Gold Berjangka ~ Emas menguat untuk memangkas penurunan mingguan keempatnya karena investor menunggu laporan utama data tenaga kerja AS dan referendum Italia pada reformasi konstitusi.

Bullion untuk pengiriman cepat naik sebanyak 0,5 persen ke $ 1,178.04 per ons, dan berada di $ 1,177.15 pada 9:24 pagi di Singapura, menurut Bloomberg generic pricing. Harga turun ke $ 1,160.80 pada hari Kamis kemarin, terendahnya sejak 5 Februari. Logam ini turun 0,5 persen minggu ini dan menuju rentang waktu terpanjang penurunan mingguan sejak Mei.

Dengan kenaikan suku bunga AS bulan ini yang sudah diprediksi, investor akan mengawasi data non-farm payrolls yang akan dirilis Jumat ini sebagai petunjuk lebih lanjut tentang laju pengetatan di kedepannya. Referendum Italia pada 4 Desember nanti terkait pengurangan kekuatan Senat juga membebani sentimen risiko, dimana suara yang kontra dapat mengakibatkan pemberhentian pada pemerintah.(mrv)

Sedangkan Minyak menuju kenaikan mingguan terbesar sejak Agustus 2015 setelah OPEC menyetujui pemangkasan pasokan pertama dalam delapan tahun, dengan fokus sekarang beralih ke bagaimana ketatnya kelompok tersebut akan menerapkan kesepakatan.

Minyak berjangka naik 0,3 persen di New York dan 11 persen untuk minggu ini. Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak minggu ini sepakat untuk mengurangi produksi kolektif sebesar 1,2 juta barel per hari menjadi 32,5 juta dan Rusia berjanji memangkas 300.000, mendorong prediksi bahwa reli mungkin saja sampai ke $ 60 per barel dari Goldman Sachs Group Inc dan Morgan Stanley.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari naik 17 sen ke $ 51,23 per barel di New York Mercantile Exchange pada 10:55 pagi di Sydney. Total volume perdagangan sekitar 54 persen di bawah rata-rata 100-harinya. Harga bersiap untuk kenaikan mingguan terbesar sejak 28 Agustus 2015.

Brent untuk pengiriman Februari naik US $ 2.10, atau 4,1 persen, ke $ 53,94 per barel di London-based ICE Futures Europe exchange, Kamis kemarin.(mrv)

Sumber: Bloomberg

 

SOLID GOLD BERJANGKA