solid gold berjangka ~ perusahaan terbaik negeri ini, PERURI

solid gold berjangka ~ Nama Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Peruri memang tidak lagi asing didengar. Terlebih tahun ini, Peruri genap berusia 45 tahun. Di usianya yang matang tersebut, Peruri kian mantap menjadi sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terus tumbuh dan berkembang sesuai tuntutan zaman.

Berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 1971, Peruri merupakan hasil peleburan dari Perusahaan Negara (PN) Arta Yasa dengan PN Pertjetakan Kebayoran. Sesuai PP tersebut, tugas utama Peruri adalah mencetak uang kertas dan uang logam untuk Bank Indonesia (BI). Selain itu, Peruri juga mencetak barang-barang cetakan, surat berharga, serta barang berharga lain untuk pemerintah, lembaga negara maupun umum.

Saat Peruri Menjelma Jadi Perusahaan Terbaik Negeri Ini 1 2016

Dalam perkembangannya, PP tersebut diubah oleh pemerintah menjadi PP 32 Tahun 2006. Direktur Utama Peruri, Prasetio kemudian menjelaskan, sejalan dengan PP 32 tersebut, Peruri telah memiliki empat anak perusahaan. Antara lain PT Kertas Padalarang (PTKP), PT Peruri Wira Timur (PWT), PT Peruri Properti (PePro), serta PT Peruri Digital Security (PDS). Satu perusahaan afiliasi juga dimiliki oleh Peruri, yaitu PT Sicpa Peruri Securink (SPS) yang merupakan hasil kerjasama dengan Sicpa, SA (Swiss).

Saat Peruri Menjelma Jadi Perusahaan Terbaik Negeri Ini 2 2016
Sejalan dengan sejarah, Peruri telah membuahkan beberapa pencapaian yang membanggakan Indonesia. Misalnya saja, menjadi tuan rumah Konferensi Pencetakan Uang Logam Asia Tenggara pada 1982, tuan rumah Konferensi Pencetakan Uang Kertas Asia Pasifik ke-6 pada 1983. Hingga yang paling baru pada 2015 menjadi tuan rumah peserta negara-negara ASEAN, Eropa, Asia, Amerika Serikat dan Kanada. Berkat prestasinya tersebut, setahun sebelumnya, Peruri ditetapkan sebagai BUMN dengan kategori Objek Vital Nasional sektor industri oleh Kementerian Perindustrian pada 2014.

Saat Peruri Menjelma Jadi Perusahaan Terbaik Negeri Ini 3 2016

Hal ini juga tak lepas dari tahapan transformasi yang sudah digalakkan oleh Peruri. Tahapan tersebut mencakup transformasi SDM, bisnis, struktur dan sistem kerja, berikut budaya. Transformasi ini dimaksudkan untuk mengajak karyawan beralih dari comfort zone ke dynamic zone yang lebih kompetitif.

Guna menyempurnakan transformasi tersebut Peruri kini meluncurkan identitas baru berupa pembaruan logo dan brand. Hal ini sekaligus sebagai penanda, bila Peruri tak lagi sekadar sebagai singkatan, melainkan sebuah brand tersendiri. Sementara untuk logo baru Peruri berwujud iris atau selaput pelangi pada manusia. Iris menyimbolkan smart security serta digitalisasi sistem yang mengandung makna smart security system.

solid gold berjangka