pajakSolid Gold Berjangka ~ Sri Mulyani, Tuntaskan PMK Amnesti

Solid Gold Berjangka ~ Menteri Keuangan Sri Mulyani segera bergerak cepat setelah menjabat sebagai menteri selama kurang lebih dua pekan. Kini, Sri Mulyani telah menuntaskan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dalam penerapan program pengampunan pajak.

Menurut Kepala Subdirektorat Pengelolaan Portofolio Surat Utang Negara Kementerian Keuangan, Novi Puspita Wardani, PMK ini telah resmi diterbitkan pada Senin, 8 Agustus kemarin. Dalam PMK Nomor 122 ini diatur melalui mekanisme pemanfaatan dana tax amnesty khususnya pada berbagai sektor seperti sektor riil, properti, hingga logam mulia.

“Per kemarin sudah terbit PMK 122, peraturan investasi untuk nonpasar keuangan sudah keluar. Ini ada investasi sektor riil, properti, logam mulia dan bentuk lainnya,” kata Novi di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Dalam aturan ini, nantinya gateway yang dapat digunakan pada investasi non pasar keuangan hanyalah sektor perbankan. Sedangkan untuk bank persepsi yang berada di luar negeri, juga harus mengirimkan dana ke bank persepsi yang berada di Indonesia dalam waktu satu hari.

Hanya saja, masih terdapat beberapa aturan yang belum diterbitkan. Di antaranya adalah mengenai Special Purpose Vehicle (SPV). Namun, Kementerian Keuangan menyerahkan penerbitan aturan ini kepada Ditjen Pajak.

“Tapi perlu dilihat lagi tentang tata cara pengalihan harta wajib pajak dan penempatan investasi. Dan kalau untuk SPV memang belum, saat ini sedang disusun aturan. Nanti tinggal tunggu Ditjen Pajak saja,” imbuhnya.

Sedangkan aturan lainnya dianggap tidak memerlukan payung hukum. Diantaranya adalah pengalihan aset yang dapat dilakukan oleh peserta tax amnesty. Dengan begitu, maka program pengampunan pajak telah dapat dilaksanakan tanpa adanya kendala dari payung hukum yang belum lengkap. (Solid Gold Berjangka)

 

Solid Gold Berjangka