Solid Gold Berjangka

Vaksin Pfizer dan Dampaknya ke Ekonomi Dunia | Solid Gold Berjangka

Solid Gold Berjangka Semarang | Berita mengenai vaksin Pfizer memberikan harapan baru bagi dunia. Vaksin Corona yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) ini disebut-sebut 90% efektif untuk menangkal Corona.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, berita soal vaksin Pfizer ini merupakan salah satu berita yang positif.

“Kabar vaksin (Pifizer) memberi sentimen positif di seluruh dunia. Lalu hasil pemilu AS juga diharapkan bisa memberi sentimen positif,” kata Sri Mulyani dalam acara CNBC Indonesia, Selasa (10/11/2020).

Sri Mulyani menyampaikan jika dari dalam negeri perekonomian yang sudah mulai membaik juga memberikan sentimen positif. Hal ini diharapkan juga bisa mendorong ekonomi kuartal IV 2020.

Dia mengatakan, pandemi COVID-19 ini memang mengguncang perekonomian banyak negara di belahan dunia. Apalagi saat ini ada gelombang lanjutan kasus positif COVID-19 di berbagai negara seperti di AS dan Eropa.

Menurut Sri Mulyani adanya vaksin Pfizer diharapkan bisa menjadi jalan keluar masalah. Sehingga tekanan pada sektor kesehatan bisa membaik dan memperbaiki kondisi ekonomi global.

Pasar saham pun juga merespons kabar vaksin Pfizer tersebut. Saham bioskop terbesar di dunia AMC Theatres dan Bioskop Cinemark melonjak pada Senin pagi setelah Pfizer mengungkapkan terobosan vaksin Corona garapannya diklaim 90% ampuh.

Saham AMC sebelumnya melonjak hingga 50%. Setelah itu, saham perusahaan naik 80% dalam perdagangan pra-pasar tepat setelah berita vaksin Corona dilayangkan. Cinemark, bioskop terbesar ketiga di AS, juga mendapat dorongan besar, sahamnya naik lebih dari 40%.

Dikutip dari CNN, sejak terpaksa tutup dari Maret lalu, AMC dan Cinemark telah mencoba untuk membuka kembali dengan memperketat protokol kesehatan. Namun, industri tersebut tetap sulit mendapatkan penonton. Saham Disney (DIS), studio terbesar Hollywood, juga naik tajam pada Senin pagi yakni sampai 12%.

Meski begitu, adanya vansin Pfizer tersebut tak serta merta membuat ekonomi AS pulih. Dilansir dari CNN, vaksin butuh waktu berbulan-bulan untuk dapat didistribusikan dan disuntikkan pada warga AS. Sementara itu, perekonomian masih terus berada dalam ambang tekanan. Oleh sebab itu, AS masih membutuhkan stimulus fiskal dan bantuan untuk masyarakat dalam menghadapi pandemi Corona.

“Anggota parlemen harus menyelesaikan jembatan yang mulai mereka bangun pada awal pandemi untuk membawa kita ke akhir pandemi ketika orang merasa nyaman pergi ke restoran dan permainan bola,” kata Kepala Ekonom Moody’s Analytics Mark Zandi.

sumber: detik.com- Solid Gold Berjangka