Pt. Solid Gold Berjangka ~ Bursa saham Hong Kong berakhir lebih tinggi pada hari Senin setelah laporan tenaga kerja AS yang kuat mendukung saham-saham global dan meredam data inflasi China yang mendorong ekspektasi stimulus ekonomi lebih lanjut di China daratan.

Di AS, pengusaha menambahkan 287.000 pekerjaan musiman yang disesuaikan pada bulan Juni menurut laporan yang di rilis pada hari Jumat, lebih kuat dari yang diperkirakan dan mengurangi kekhawatiran tentang perlambatan utama dalam perekonomian AS.

Tingkat inflasi tahunan China pada bulan Juni adalah 1,9 persen, tingkat terendah sejak Januari lalu, menurut angka yang dirilis akhir pekan lalu.

Indeks Hang Seng naik 1,5 persen, ke 20,880.50, sedangkan Indeks China Enterprises naik 2,0 persen, ke 8,703.00 poin.

Total volume perdagangan perusahaan yang termasuk dalam indeks HSI adalah 2,1 miliar saham.(solid gold)

Sumber: Reuters

Bursa saham Asia naik tajam dalam empat bulan terakhir setelah laporan pekerjaan AS yang kuat memacu optimisme bahwa ekonomi terbesar dunia tersebut dapat mendukung pertumbuhan global. Ekuitas Jepang mengalami reli terbesar sejak Februari, sementara India dan Thailand berada di puncak untuk memasuki bull market.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 2,1 persen, terbesar sejak 17 Maret, ke 130,88 pada pukul 16:00 sore di Hong Kong. Indeks Topix Jepang melonjak 3,8 persen akibat pelemahan yen setelah rilis data AS. Koalisi Perdana Menteri Shinzo Abe mencetak kemenangan meyakinkan dalam pemilihan majelis tinggi pada hari Minggu, membuka jalan bagi stimulus fiskal lebih lanjut. Indeks Hang Seng Hong Kong ditutup naik 1,5 persen.

Indeks ekuitas Asia Pacific pulih setelah pekan lalu jatuh 1,1 persen di tengah kekhawatiran baru kejatuhan dari referendum Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa akan memperlambat pertumbuhan internasional. Sementara kesempatan Federal Reserve untuk meningkatkan biaya pinjaman tahun ini naik menjadi 21 persen setelah rilis data pekerjaan, menurut kontrak berjangka, dampak Brexit telah membuat kemungkinan menjadi rendah, mendukung aset emerging market.(solid gold )

Sumber: Bloomberg