Solid Gold ~ Bursa Jepang Melemah, Saham Asia Berayun

saham jepang 1Solid Gold ~ Yen membalikkan keuntungan setelah menyentuh level tertinggi sejak November sementara saham Asia berfluktuasi setelah Presiden Donald Trump menargetkan pengerjaan ulang hubungan perdagangan Amerika. Dolar memangkas penurunan setelah calon Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan mata uang yang kuat dapat merugikan perekonomian.

Mata uang Jepang turun setelah kenaikan terbesar sejak bulan Juli, sementara Indeks MSCI Asia Pacific berayun antara keuntungan dan kerugian. Ekuitas di Tokyo turun sementara saham Hong Kong dan Australia naik. Emas melemah setelah menyentuh level tertinggi sejak bulan November dan imbal hasil 10-tahun Australia jatuh untuk hari kedua.

Manajer keuangan akan menganalisa pendapatan dari beberapa perusahaan terbesar di dunia pekan ini dengan Alphabet Inc. dan Alibaba Group Holding Ltd. berada di antara hasil pelaporan.

Yen melemah 0,2 persen menjadi 112,94 per dolar pada pukul 10:57 pagi di Tokyo, setelah melonjak 1,7 persen pada sesi sebelumnya. Dolar Australia naik 0,2 persen dan dolar Selandia Baru naik 0,1 persen.

Indeks Bloomberg Spot Dollar turun 0,2 persen ke level terendah sejak 8 Desember, setelah turun 0,7 persen pada hari Senin. Indeks tersebut telah jatuh selama empat minggu berturut-turut, pelemahan terpanjang sejak Februari tahun lalu.(Solid Gold)

Bursa saham Jepang jatuh untuk hari kedua setelah yen menyentuh level tertinggi sejak November sementara Treasuries mempertahankan keuntungan yang telah terdorong ketika Presiden Donald Trump menargetkan pengerjaan ulang hubungan perdagangan Amerika. Dolar memangkas penurunan yang datang setelah calon Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengomentari kekuatan mata uang.

Indeks Topix turun 0,4 persen menjadi 1,508.50 pada pukul 09:46 pagi di Tokyo, sementara ekuitas Australia menguat. Nikkei 225 melemah 0,3% ke 18,839.95. Kontrak pada Indeks S&P 500 sedikit berubah setelah indeks acuan menurun pada Senin kemarin, ketika saham Eropa jatuh ke level terendah di tahun 2017. Emas melemah setelah menyentuh level tertinggi sejak November dan imbal hasil 10-tahun Australia jatuh untuk hari kedua.

Sementara investor telah mencari rincian tentang janji kampanye untuk meningkatkan pertumbuhan dan pengeluaran pemerintah, banyak dari pernyataan awal pemerintahan yang menargetkan perdagangan atau perusahaan didorong untuk berinvestasi lebih banyak di AS. Mnuchin menandai kekhawatiran tentang kebijakan perdagangan serta nilai tukar China dan mengatakan bahwa pemerintah akan fokus pada belanja infrastruktur. Presiden Trump menjanjikan pajak perbatasan yang “sangat besar” dan menandatangani sebuah perintah eksekutif untuk menarik AS dari kesepakatan Trans-Pacific Partnership. Dia mengumumkan pada akhir pekan bahwa dia akan berusaha untuk menegosiasikan kembali Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara.(Solid Gold)
Sumber: Bloomberg

SOLID GOLD