Solid GoldPt. Solid Gold Berjangka ~ Minyak memperpanjang kenaikan untuk diperdagangkan di dekat $ 48 karena data industri AS menunjukkan cadangan minyak mentah AS jatuh, mengurangi kekhawatiran tentang kelebihan pasokan.

Minyak berjangka naik sebanyak 1 persen di New York setelah pada hari Rabu naik 1,8 persen. Cadangan minyak mentah turun 6,7 juta barel pekan lalu, menurut laporan American Petroleum Institute. Data pemerintah hari Kamis mungkin akan menunjukkan pasokan minyak mentah AS turun 2,5 juta barel pekan lalu, menurut survei Bloomberg.

Minyak mentah telah meningkat lebih dari 80 persen dari terendah 12-tahun pada bulan Februari di tengah gangguan pasokan dan penurunan produksi AS. Pemulihan telah mendorong produsen AS untuk memulai kembali layanan untuk pengeboran rig, yang mengarah ke spekulasi penurunan produksi akan melambat.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus naik sebanyak 45 sen menjadi $ 47,88 per barel di New York Mercantile Exchange dan diperdagangkan di $ 47,73 pada pukul 10:13 pagi waktu Tokyo. Kontrak WTI menambahkan 83 sen untuk menetap di $ 47,43 pada hari Rabu. Total volume yang diperdagangkan adalah 35 persen di bawah rata-rata 100-hari.

Minyak Brent untuk pengiriman September naik sebanyak 36 sen, atau 0,7 persen, ke $ 49,16 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Kontrak tersebut naik 84 sen untuk ditutup di $ 48,80 per barel pada hari Rabu. Minyak mentah acuan global diperdagangkan lebih besar 71 sen dari WTI untuk bulan yang sama.

Cadangan minyak mentah di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk WTI dan hub terbesar penyimpanan minyak AS, meningkat 80.000 barel pekan lalu, kata API pada hari Selasa. Persediaan berskala nasional dalam seminggu hingga 24 Juni turun menjadi 526.6 juta barel, terendah sejak 11 Maret, menurut data dari Energy Information Administration.(solis gold)

Sumber: Bloomberg