Cek Gan! Ini Proyeksi Harga Emas Dunia Pekan Ini, Masih Ngeri – Solid Gold

Solid Gold Semarang | Harga emas dunia masih diprediksi tertekan pada pekan ini (23-27 Agustus) setelah pada perdagangan pekan lalu harga emas juga global cenderung stagnan.

Sepanjang pekan lalu, harga emas dunia di pasar spot memang stagnan alias cuma tipis 0,09% secara point-to-point. Mengawali pekan di US$ 1.779,15/troy ons, harga emas kemudian finis di US$ 1.780,87/troy ons.

Kenaikan harga emas sangat terbatas karena mata uang dolar Amerika Serikat (AS) sedang perkasa. Dalam sepekan terakhir, Dollar Index (yang menggambarkan posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) menguat 1,02%.

Harga emas dan dolar AS memiliki hubungan yang berbanding terbalik. Saat dolar AS perkasa, harga emas terkoreksi dan demikian pula sebaliknya.

Ini karena emas adalah komoditas yang dibanderol dengan dolar AS. Ketika mata uang Negeri Stars and Stripes menguat, maka emas jadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas jadi turun, harga pun mengikuti.

Outlook

Untuk pekan ini, Refinitiv memperkirakan titik support (batas tahanan bawah) harga emas berada di US$ 1.759/troy ons. Sedangkan titik resistance (batas tananan atas) adalah US$ 1.7986/troy ons.

Sebab itu, dalam jangka waktu Ke depan, harga emas lebih condong menuju penurunan seiring dengan minat investor terhadap emas makin reda.

Refinitiv mencatat posisi beli (long) terhadap kontrak emas pada pekan pertama Agustus 2021 turun lebih dari 50% menjadi 51.013 atau 159 ton. Ini adalah yang terendah sejak April 2021 dan membuat harga emas susah naik.

Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan harga emas akan menguji titik resistance US$ 1.775/troy ons. Penembusan di titik ini akan membuat harga turun lebih lanjut menuju kisaran US$ 1.759-1.769/troy ons.

Sementara titik resistance diperkirakan di US$ 1.795/troy ons. Penembusan di sini bisa membuat harga naik ke US% 1.811/troy ons.

Lebih lanjut, Wang Tao, memperingatkan bahwa kemungkinan penurunan harga emas lebih besar. Saat ini harga emas sedang berada di gelombang C, yang dalam kekuatan penuh bisa membawanya anjlok sampai ke US$ 1.520/troy ons.

sumber: cnbcindonesia.com – Solid Gold