rakyat-miskin75Solid Gold ~ Sudahkah Saya, MERDEKA?

Solid Gold ~ Masuk bulan Agustus dianggap sebagai salah satu bulan sakral bagi bangsa kita. Kemerdekaan yang dikumandangkan pada 17 Agustus 1945, atau 71 tahun lalu, menjadi tonggak baru berdirinya Negara ini sebagai sebuah Negara yang dikatakan Merdeka.

Dalam keuangan istilah merdeka juga sering disebutkan. Kemerdekaan finansial adalah salah satu jargon umum yang banyak terdengar di masyarakat. Istilah merdeka finansial dimaksudkan sebagai bebasnya seseorang dari masalah keuangan yang menghatui kehidupan ekonominya. Tidak berkekurangan, terpenuhinya semua pengeluaran yang diinginkan, dan uang yang tidak terbatas sering disebut sebagai bentuk dari kemerdekaan finansial.

Apakah benar kemerdekaan finansial seperti itu ?

Kemerdekaan Menurut Saya…

Karena ini adalah istilah yang banyak digunakan di masyarakat, maka saya menyebutnya sebagai kemerdekaan finansial menurut saya. Sebab sangat-sangat mungkin sekali seseorang memiliki definisi yang berbeda tentang istilah ini.

Banyaknya uang menurut saya bukan ukuran yang memperlihatkan kita merdeka di keuangan, sebab banyak yang memiliki uang banyak tapi tidak bisa menikmatinya.

Seorang yang korupsi mungkin memiliki banyak uang, namun tidak dengan mudah bisa menikmatinya. Bisa berbelanja semaunya bukan juga ukuran kemerdekaan. Sebab bila kemerdekaan itu akan mengakibatkan kita dihantui tagihan utang berkepanjangan nantinya, maka kemerdekaan tadi tidak ada artinya.

Apa saja yang membuat Anda terjajah di keuangan ?
Cashflow yang tidak seimbang, membuat kita selalu merasa kurang sehingga tidak memiliki motivasi untuk menjalani kehidupan.
Utang yang terlalu besar membuat kita terjajah dengan tagihan yang tidak ada habisnya dan cicilan yang membuat sulit tidur.
Investasi yang gagal dan salah membuat kita terjajah oleh inflasi yang membuat kita bekerja hanya untuk aset yang tidak bertumbuh.
Proteksi yang tidak tepat, membuat kita mendapatkan perlidungan yang tidak memberi manfaat optimal.

Jadi apa itu kemerdekaan? Sederhana. Dalam keuangan ketika dana atau uang yang dimiliki bisa digunakan dengan tepat baik itu dalam hal waktu dan jumlah maka itu adalah kemerdekaan.

Ketika Anak kita sekolah dan dana yang dibutuhkan tepat tersedia dalam hal waktu dan jumlah, utang yang kita miliki tetap memberikan tambahan manfaat kepada kita dan tidak menjadi hantu yang merongrong tiap bulan atau risiko keluarga yang telah tertangani dengan baik adalah beberapa contoh kemerdekaan itu.

Jadi kemerdekaan itu sederhana dan bisa dinikmati semua orang tanpa melihat berapa penghasilan yang diterimanya.(Solid Gold)

Sumber  Detik

Solid Gold

Simpan

Simpan